Kamis, 28 April 2016

Kuliah Umum "Food & Lifestyle"

Pangan dan gaya hidup merupakan dua hal yang sangat berkaitan erat di zaman yang serba modern ini. Gaya hidup yang kurang sehat akan memunculkan suatu kebiasaan makan yang tidak sehat pula. Kehidupan yang serba dinamis yang dialami oleh orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan yang cukup tinggi memicu tumbuhnya produk panga baru yang mendukung mobilitas mereka selama bekerja. Hadirnya makanan siap saji dan produk sejenis lainnya, menjadi salah solusi bagi kebutuhan energi (menurut mereka). Tidak hanya itu, gaya hidup yang lebih menonjolkan strata dalam suatu kelompok juga mempengaruhi pola makan dan diet seseorang. 

Permasalahan ini lah yang kemudian diangkat oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMAGIPA) Universitas PGRI Semarang  sebagai tema dalam kuliah umum bagi mahasiswa Teknologi Pangan pada khususnya dan mahasiswa UPGRIS pada umumnya. Kuliah umum ini merupakan bagian dari serangkaian acara untuk memeriahkan Dies Fakultas Teknik Universitas PGRI Semarang. Selain dihadiri oleh mahasiswa Teknologi Pangan, Kuliah ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari program studi lainnya. Kuliah ini tidak hanya diisi oleh pihak dari Program Studi Teknologi Pangan sendiri, namun ada pemaparan juga dari industri pangan, yaitu PT. Marimas Putra Kencana, yang diwakili oleh Bapak Lantip dan Ibu Gladis. 

Pemaparan yang dilakukan oleh Bapak Khoiron, selaku Kaprodi Teknologi Pangan UPGRIS, berisi tentang pengaruh teknologi terhadap pola hidup seseorang terutama pada masalah teknologi pengolahan pangan. Sedangkan, pemaparan yang dilakukan oleh PT. Marimas, yang dilakukan oleh Bapak Lantip, lebih banyak membahas tentang bagaimana konsep suatu produk pangan itu dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin mengerti tentang gaya hidup.

Acara perkuliahan umum ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari pihak HIMAGIPA kepada dua orang pemateri dan PT Marimas juga memberikan sejumlah produk olahan mereka kepada para peserta yang hadir dalam kuliah umum tersebut. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada beberapa pihak yang membantu terselenggaranya acara ini. Semoga acara selanjutnya dapat membuka kembali cakrawala keilmuan kita terutama tentang perkembangan teknologi pangan di berbagai belahan dunia.



0 komentar:

Posting Komentar